Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang rapi dan transparan merupakan cerminan integrasi kami dalam mengelola bisnis. Di sini Anda bisa mendapatkan rangkuman laporan keuangan terkini untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai Gudang Garam dari segi finansial maupun bisnis.

Rangkuman Laporan

Dari segi keuangan Perseroan, terdapat sejumlah hal yang dapat kami sarikan bagi pemegang saham dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, yaitu sebagai berikut :

  • Pada tahun 2013, Gudang Garam mencatat peningkatan volume penjualan sebesar 4,5% menjadi 76,6 miliar batang. Volume penjualan untuk segmen SKM meningkat sebesar 9,4% menjadi 67,3 miliar batang dimana kategori  SKM LTN, khususnya meningkat 32,3% yang mencakup 13% dari total volume penjualan, naik dari level 10% di tahun 2012. Volume penjualan SKT turun 21,0% dibandingkan tahun 2012 menjadi 9,2 miliar batang.
  • Penjualan/pendapatan usaha meningkat 13,1% menjadi Rp 55,4 triliun yang disebabkan oleh pertumbuhan volume penjualan dan peningkatan harga jual rata-rata tertimbang per batang sebesar 9,3% untuk produk SKM dan 9,5% untuk produk SKT.
  • Biaya pokok penjualan meningkat 11,8% menjadi 44,6 triliun akibat dari kenaikan beban cukai dan PPN rokok serta kenaikan biaya bahan baku dikarenakan harga cengkeh yang masih tinggi akibat dari pasokan cengkeh yang masih ketat.
  • Peningkatan beban penjualan sebesar 46,8% menjadi Rp 2,5 triliun dapat diatribusikan terhadap naiknya beban iklan dan pemasaran terkait peluncuran tiga produk baru yaitu GG Mild pada bulan April dan Gudang Garam Signature dan Surya Exclusive di kuartal terakhir tahun 2013.
  • Laba bersih Perseroan naik 7,7% dari Rp 4,1 triliun menjadi Rp 4,4 triliun.
  • Total asset meningkat sebesar 22,3% menjadi Rp 50,8 triliun dengan adanya kenaikan persediaan sebesar 13,5% menjadi Rp 30,2 triliun serta peningkatan asset tetap  dengan adanya penambahan fasilitas produksi.
  • Ekuitas Perseroan naik 10,6% menjadi Rp 29,4 triliun, yang berasal dari laba yang ditahan setelah dikurangi pembayaran dividen kepada pemegang saham atau pemilik. Rasio utang terhadap ekuitas dapat dikelola dengan baik dan efisien untuk memenuhi semua kebutuhan modal kerja.
Baca selengkapnya tentang Annual Report kami
Baca selengkapnya tentang Quarterly Report kami