Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang rapi dan transparan merupakan cerminan integrasi kami dalam mengelola bisnis. Di sini Anda bisa mendapatkan rangkuman laporan keuangan terkini untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai Gudang Garam dari segi finansial maupun bisnis.

Rangkuman Laporan

Dari segi keuangan Perseroan, terdapat sejumlah hal yang dapat kami sarikan bagi pemegang saham dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, yaitu sebagai berikut:

  • Pada tahun 2012, nilai penjualan Gudang Garam meningkat 17% menjadi Rp 49,0 triliun. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan volume penjualan keseluruhan sebesar 6,8% dan penyesuaian harga jual rata-rata sebesar 8,5%.
  • Pertumbuhan volume penjualan Gudang Garam berhasil mengungguli pertumbuhan volume industri rokok secara keseluruhan dengan kenaikan sebesar 6,8% menjadi 73,2 miliar batang, termasuk peningkatan volume penjualan untuk SKM sebesar 6,7% menjadi 61,6 miliar batang dan untuk SKT sebesar 7,3% menjadi 11,7 miliar batang.
  • Laba bersih mengalami penurunan dari Rp 4,96 triliun menjadi Rp 4,07 triliun karena beberapa faktor seperti kenaikan beban bahan baku yang luar biasa akibat minimnya persediaan cengkeh dan kenaikan beban cukai dan PPN rokok.
  • Penurunan aset lancar di akhir tahun 2012 sebesar Rp 427 miliar disebabkan oleh kombinasi naiknya kas dan piutang seiring dengan peningkatan penjualan sepanjang tahun 2012 dan turunnya persediaan dari Rp 28 triliun menjadi Rp 26,6 triliun, terutama karena berkurangnya pembelian bahan baku sebagai dampak dari kelangkaan cengkeh.
  • Ekuitas Perseroan naik 8,4% menjadi Rp 26,6 triliun dibandingkan tahun 2011 yang senilai Rp 24,5 triliun. Nilai tersebut berasal dari laba yang ditahan setelah dikurangi dengan pembayaran dividen kepada pemegang saham atau pemilik. Rasio utang terhadap ekuitas menguat menjadi 56% dibandingkan tahun 2011 yang sejumlah 59%, dan Perseroan tetap konservatif.
Baca selengkapnya tentang Annual Report kami