Lingkungan

Kretek di Indonesia

Seni Menciptakan Kretek

Sebagai sebuah produk yang unik, pembuatan kretek melibatkan proses yang lebih rumit dibandingkan jenis rokok lainnya. Selain komposisi rajangan tembakau dan cengkeh yang tepat, cita rasa kretek juga dipengaruhi oleh saus yang ditambahkan di tengah proses produksi.

Sebuah campuran untuk kretek bisa menggunakan lebih dari 30 jenis tembakau yang berbeda untuk menciptakan keseimbangan rasa. Saus yang digunakan juga terbuat dari hingga 100 jenis bahan yang berbeda untuk menghasilkan cita rasa tertentu. Usia daun tembakau yang digunakan amat menentukan cita rasa kretek, begitu pula keseimbangan proporsi daun tembakau dan cengkeh di dalam campuran kretek. Terakhir, untuk memberikan rasa manis, ditambahkan sakarin pada kertas pembungkus kretek.

1001 Cara Menikmati Kretek

Bagi sebagian orang, menikmati kretek merupakan ritual harian yang pantang terlewatkan. Ada yang menikmati kretek untuk menciptakan suasana rileks, dan ada pula yang memanfaatkan kretek sebagai pemecah kekakuan dalam pergaulan. Sebagian orang lainnya menikmati kretek untuk merayakan momen-momen istimewa seperti perayaan hari jadi dan lain-lain. Selaras dengan banyaknya varian kretek yang beredar di pasaran, ada banyak pula cara yang bisa dilakukan untuk menikmati kretek.

Sumber: disadur dari Hanusz, Mark. Kretek: The Culture and Heritage of Indonesia's Clove Cigarettes, Singapore: Equinox Publishing (Asia) Pte. Ltd. (2000)