Lingkungan

Kretek Kami

Jenis-Jenis Kretek

Sigaret Klobot Kretek

Ini adalah wujud asli kretek pada awal penciptaaannya. Kretek jenis ini menggunakan klobot (daun jagung yang dikeringkan) sebagai pembungkus setiap batang kretek yang dilinting dengan tangan. Meski sudah jarang ada, jenis kretek klobot masih bisa ditemukan di daerah pedesaan Jawa Timur. Biasanya, kretek klobot populer di kalangan warga berusia senior.

Sigaret Kretek Linting-Tangan

Diperkenalkan pada tahun 1913, jenis kretek yang dibungkus dengan kertas ini merupakan produk kretek pertama yang diproduksi dalam jumlah masal untuk tujuan komersil. Sesuai namanya, setiap batang kretek dilinting dengan tangan oleh para pekerja yang biasanya dilakukan sambil duduk di lantai. Baru pada tahun 1970, peraturan pemerintah mewajibkan perusahaan menyediakan meja dan kursi bagi para pekerja pabrik kretek. Sigaret kretek linting-tangan, yang tidak dilengkapi filter ini, terus menjadi pilihan populer hingga saat ini.

Sigaret Kretek Mesin

Diluncurkan pada tahun 1974, sigaret kretek mesin merupakan sebuah produk yang booming dalam riwayat industri kretek. Jenis kretek ini dilengkapi oleh filter dan memiliki penampilan serupa dengan rokok merek Barat, yaitu seragam dari segi bentuk, ukuran, dan warna dalam setiap batangnya.

Sumber: disadur dari Hanusz, Mark. Kretek: The Culture and Heritage of Indonesia's Clove Cigarettes, Singapore: Equinox Publishing (Asia) Pte. Ltd. (2000)