Ajang GiGsteria GG Mild yang digelar di empat kota Sumatera, yakni Medan, Palembang, Pekanbaru dan Lampung telah berakhir. Namun rangkaian acara yang diselenggarakan PT. Gudang Garam Tbk. dalam rangka peluncuran produk rokok terbaru GG Mild masih menyisakan satu kegiatan, yakni GiGsteria GG Mild Jounalist Award 2013 untuk wilayah Sumatera.

Antusiasme jurnalis tulis dan foto mengikuti GiGsteria GG Mild Journalist Award 2013 untuk wilayah Sumatera sangat luar biasa. Terlihat dari total 222 karya tulis yang diterima dan 196 karya foto. Periode pengumpulan karya dilakukan selama rentang kegiatan GiGsteria berlangsung di empat kota, 3 Mei-15 Juni 2013. Proses penjurian dilakukan dalam empat tahap :

  • Verifikasi pemuatan berita dan foto di media cetak dan online di empat kota; Medan, Palembang, Pekanbaru dan Lampung.
  • Menyeleksi 5 berita dan 5 foto terbaik untuk masing-masing kota dari total karya jurnalistik yang diterima panitia sesuai standar penjurian. Pada tahap ini terpilih 20 karya terbaik (tulis-foto).
  • Menilai 20 karya terbaik (tulis-foto) untuk menghasilkan 12 terbaik. Setelah itu, Dewan Juri mencari tiga juara umum dari 12 karya terbaik tulis dan foto.
  • Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

Setelah melalui proses seleksi, diskusi, dan penentuan kesepakatan yang cukup alot, akhirnya terpilih para pemenang GiGsteria GG Mild Journalist Award 2013 untuk Sumatera. Pemenang pertama bersama redakturnya akan berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk menyaksikan Festival Summer Sonic 2013, sebuah event musik bertaraf internasional dengan peserta dan penonton dari berbagai negara. Sedangkan pemenang kedua beserta redakturnya, akan menerima dua unit Blackberry Z10, begitu juga pemenang ketiga berhak mendapatkan dua unit Samsung Galaxy Tab II 7 inch.

Selain juara umum, GG Mild juga memberikan apresiasi kepada 12 nomine karya tulis dan 12 nomine karya foto terbaik, masing-masing tiga nomine untuk setiap kota dan memperoleh voucher belanja senilai Rp1 juta rupiah. Hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat masing-masing pemenang setelah dilakukan konfirmasi data pemenang oleh tim Fresh Indonesia.

“Dengan rasa hormat kami mengucapkan selamat untuk para pemenang dan terima kasih untuk para jurnalis dan pewarta foto yang telah berpartisipasi dalam ajang GiGsteria GG Mild Journalist Award 2013. Semoga ke depan GG Mild dapat menyelenggarakan kegiatan serupa yang lebih menantang kreatifitas rekan-rekan jurnalis di Sumatera,” kata Ruby Hermanto, Head of Light Mild Group Brand PT. Gudang Garam Tbk.

Dasar keputusan dewan juri untuk karya tulis adalah dari sisi artikulasi, angle (sudut pandang) yang unik tanpa meninggalkan konten event GiGsteria, tak hanya sekadar mengutip siaran pers, serta disajikan dalam gaya bahasa yang menarik dan dimengerti masyarakat luas.  Sedangkan untuk karya foto dinilai berdasarkan pada kesesuaian tema dan rangkaian GiGsteria GG Mild, estetika, tingkat kesulitan, warna, dan momentum.

Juri berpandangan, masih banyak hal yang menjadi catatan untuk perbaikan di masa datang. Wartawan tulis dan foto dalam pemberitaan musik hendaknya memiliki referensi cukup mengenai grup musik dan bagaimana penyajian suatu karya musik untuk dinikmati masyarakat, baik dari sisi artis, tata panggung, teknis, dan bagaimana membangun pola pertunjukan yang tak hanya menghibur tetapi juga memberikan transisi kultural yang positif.

Khusus untuk event GiGsteria, beberapa catatan yang harus diperhatikan wartawan tulis dan foto dalam menghasilkan karya jurnalistik adalah bahwa kegiatan yang disajikan tak hanya konser musik semata, tetapi merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan yang atraktif, edukatif, dan menghibur. Sehingga penyajian informasi secara menyeluruh mengenai rangkaian kegiatan Gigsteria, menjadi catatan khusus dalam penjurian.